Jumat, 17 April 2009

klayar

















Mulanya hanya ingin tahu tentang kota Pacitan, khususnya lokasi objek wisatanya, hal mana merupakan survey bagi komunitas foto Titik Api DKV ISI Yogyakarta. Dengan berbekal informasi dari web pemerintahan koa Pacitan akhirnya kami bertiga (thank to Agung Priyo dan Wicaksono Haryo) memutuskan memilih untuk meninjau pantai Klayar. Perjalanan ke pantai ini memakan waktu 3 jam (berangkat pkl. 05.30 tiba ti tempat 08.30 WIB), dengan rute Yogya-Wonosari-Pacitan...setelah melewati propinsi DIY maka tibalah ke kota kabupaten Pacitan dan tak jauh dari gerbang kota sampailah pada jalur yang menuju pantai Klyar. Melalui informasi penduduk sekitar ternyata lokasi pantai masih jauh dari jalan raya. Tetapi dengan tekad untuk melihat objek wisata yang baru maka kami membulatkan tekad untuk melanjutkan perjalanan. Ternyata jalur yang kami lalui sangat curam, berbatu dan dengan kondisi jalan yang rusak. Hampir saja putus asa karena ternyata lokasi sangat jauh dan berliku tetapi saat benar-benar menemukan lokasi pantai Klayar ini semua keluh kesah terbayar lunas! dihadapan kami terbentang pantai yang sangat indah! air laut yang biru, pasir yang putih...pokoknya segala keluh kesah dan lelah seakan terangkat dari badan.
Pantai ini sangat cocok untuk melepas kerinduan akan pantai yang masih alami, bersih dan cantik...buat pecinta fotogafi banyak yang dapat diekpos dari patai ini. Saya merekomendasikan untuk mengunjungi pantai ini.

Pantai Klayar
Pantai Klayar berada di wilayah kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak. Di samping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak air laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun
air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda. (sumber: web pemerintah kota Pacitan)

Tidak ada komentar: